INSTRUMEN
OBSERVASI
OBSERVASI
KEGIATAN PENGEMBANGAN DI TK/KB/TPA
TK/
KB/ TPA : KB AL AMIN
TANGGAL : 11 MEI 2016
No
|
Hal-hal unik/ menarik yang
ditemukan di dalamnya
|
Ada
|
Keterangan/ uraian/ pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Model
pengembangan kegiatan
|
Ö
|
Menggunakan model pembel-ajaran sentra
kegiatan
|
|
2.
|
Penataan
ruang
|
Ö
|
Di dinding kelas banyak terpajang
gambar-gambar, ada juga loker tempat menyimpan hasil karya anak
|
|
3.
|
Kegiatan
yang dilakukan anak
|
Ö
|
Menempel bentuk televisi dengan kertas
lipat
|
|
4.
|
Alat
peraga edukatif (APE) yang digunakan
|
Ö
|
Kertas lipat, lem, kertas putih
|
|
5.
|
Pengaturan/
pengelompokan anak
|
Ö
|
-
Kegiatan awal secara klasikal
-
Kegiatan inti dibagi menjadi 3
kelompok
-
Makan bekal dan bermain di luar
-
Penutup secara klasikal
|
|
6.
|
Cara
pendidik memimpin anak
|
Ö
|
Pendidik
melakukan tanya jawab pada anak tentang kertas lipat yang telah disediakan,
kemudian pendidik mendemonstrasikan cara menempel bentuk televisi dengan
kertas lipat, dan anak melakukannya sesuai dengan contoh yang diberikan.
|
|
7.
|
Peran
orang tua anak
|
Ö
|
Sangat
diperlukan guna membantu perkembangan dan pertumbuhan anak, yaitu kerja sama
orang tua dan pendidik untuk perkembangan anak baik di sekolah maupun di
rumah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar